Rabu, 11 April 2012

Welcome to the Wonderful World of Tree Climbing!!!


Seorang penggiat alam terbuka pasti sudah kenal dengan adanya berbagai bentuk olah raga, khususnya berhubungan dengan alam terbuka, seperti panjat tebing, caving, rafting, swimming, diving dll sambil menikmati hasil ciptaan-Nya. Panjat pohon mungkin masih awam ditelinga Anda, olah raga ini menjawab pertayaan Anda yang kurang puas selama ini akan olah raga seperti disebutkan diatas….

“What draws people to tree climbing?”

Rasa cinta petualangan dan kesenangan rekreasi selama di atas pohon. Selain Sebagai sebuah sport, panjat pohon dapat melatih otot-otot tangan, kaki dan perut selain itu baik juga untuk pernafasan. Manfaat dari panjat pohon bukan hanya olah raga diantaranya; Challenge dari panjat pohon membutuhkan keberanian yang tinggi untuk melakukannya, dimana taruhannya adalah nyawa Anda seperti : meniti cabang, bergelantungan dari dahan ke dahan dan merambat dari pucuk pohon yang tinggi, sehinggga hanya orang pemberanilah yang dapat melakukannya. Adanya scient dalam panjat pohon sangat bagus untuk mendukung kelestarian hutan, dimana kita dapat mengetahui dunia di atas pohon seperti: pengunduhan biji, herbarium, pengukuran fotosintesis, inventarisasi satwaliar, pengamatan serangga, pengamatan tumbuhan epifit dan lain-lain. Art of life dari panjat pohon terletak pada keindahan dunia di atas pohon, terutama di hutan belantara dimana keindahannya merupakan dunia lain yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya, serta masih banyak rahasia dan manfaat dari panjat pohon yang dapat dikembangkan dan kita gali.. Dengan kemajuan teknik dan peralatan, pohon-pohon besar yang pernah dianggap terlalu besar dan tinggi untuk memanjat sekarang dapat dengan mudah dan aman untuk di panjat. Selain itu, memanjat pohon adalah aktivitas yang bagus untuk keluarga.

“How hard is it?”
Hampir semua orang dapat memanjat pohon menggunakan tali dan harness. kekuatan yang luar biasa tidak diperlukan, biarpun orang itu “gendut” karena ada teknik tersendiri khusus orang ini. Setelah anda “belajar “, dasar memanjat pohon pasti anda ketagihan apalagi anda bisa melihat keindahan alam di atas pohon.

“Is tree climbing safe?”
Semua kegiatan di alam terbuka pasti penuh resiko. Dalam prinsip panjat pohon bila tali utama (karmantel) di ancor/ditambat di pohon dengan benar maka anda akan aman dan mustahil untuk jatuh.lebih baik lagi di damping oleh instruktur yang berpengalaman dan tree climbers organization-INDONESIA merupakan organisasi yang menekuni di bidang tersebut.

“When are you too old to climb?”
Ini tergantung dengan pandangan mental Anda. Jika Anda merasa terlalu tua, kemungkinan tubuh Anda akan mengikuti pikiran Anda. Cobalah dan lihat apa yang terjadi.

“What can I discover in a tree?”
Tajuk pohon (canopy) adalah suatu tempat di atas pohon yang sangat berharga bagi kahidupan di atas tajuk . informasi dasar mengenai keanekaragaman hayati (biodiversity) untuk itu diperlukan suatu pengamatan mengenai flora/fauna yang berada diatas tajuk. Ada masih banyak informasi yang belum terungkap dan hanya anda yang tahu setelah itu ceritakan kepada teman-teman anda.

Tree Climbers Organization-INDONESIA sebagai organisasi yang mengembangkan kegiatan di atas pohon (canopy explorer), dengan berbekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki di bidang kelestarian alam dan lingkungan hidup tertarik mempelajari kekayaan hayati di atas pohon….bagai mana dengan anda….

amuhtadin@gmail.com

leader TCI

Tidak ada komentar: