Rabu, 11 April 2012

sekolah panjat pohon indonesia

Seorang penggiat alam terbuka pasti sudah kenal dengan adanya berbagai bentuk olah raga, khususnya berhubungan dengan alam terbuka, seperti panjat tebing, caving, rafting, swimming, diving dll sambil menikmati hasil ciptaan-Nya.

Tajuk pohon (canopy) adalah suatu tempat di atas pohon yang sangat berharga bagi kehidupan di atas tajuk. Keberadaan dan kelestarian kehidupan di atas tajuk sangat berharga bagi kita semua, keindahan dunia canopy dan rahasia di atas tajuk belum banyak terungkap.

Panjat pohon mungkin masih awam ditelinga Anda, olah raga ini menjawab pertayaan Anda yang kurang puas selama ini akan olah raga seperti disebutkan diatas dan di panjat pohon bukan hanya sekedar olah raga.

Dari pemikiran itu pula Tree Climbers Organization sebagai organisasi yang mengembangkan kegiatan di atas pohon (canopy explorer), dengan berbekal ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, dengan penguasaan metode/teknik pemanjatan pohon (tree climbing) membuka sekolah khusus para pemanjat pohon yang diberi nama Sekolah Panjat Pohon (SPP) Indonesia.

SPP(sekolah panjat pohon) Indonesia merupakan suatu bentuk kegiatan dari TCO yang diadakan setiap tahun dimana sekarang telah menghasilkan 2 angkatan, meskipun masih seumur “bayi”, SPP berupaya agar masyarakat luas mengenal adanya suatu kegiatan baru yang bukan hanya sekedar manjat pohon, di sini belajar sesuai dengan aplikasi panjat pohon itu sendiri yaitu ; sport (olah raga), science (ilmu pengetahuan), art of life (seni hidup) dan adventure (petualangan).

Adapun tujuan dari SPP Indonesia yaitu ; mengenal peralatan tree climbing, teknik-teknik pemanjatan, aplikasi panjat pohon dan sebagai media pendidikan lingkungan. Sehingga manfaat yang di dapat diharapkan siswa setelah mendapatkan ilmu panjat pohon dapat mengamalkan ilmu panjat pohon khususnya dan umumnya adanya rasa cinta terhadap lingkungan.

Dalam kegiatan SPP akan diajarkan mengenai teknik-teknik pemanjatan yang safety procedure karena kita melakukan kegiatan di ketinggian, dengan di dukung oleh para instruktur yang berpengalaman di bidangnya.

SPP sendiri mempunyai kurikulum tersendiri dalam pengajaran ke siswa, dimana kegiatanya 100% praktek. Dimana kurikulum itu sendiri kita aplikasi dari sumber-sumber informasi yang didapat dari links-liks TCO misalnya; tree climbers internasional (TCI) ataupun organisasi tree climbers di luar negeri karena di Indonesia baru TCO yang memiliki SPP Indonesia.


Untuk kurikulum itu sendiri di bagi beberapa tahap, diantarnya :

BASIC
BASIC LANJUTAN
RESCUE
APLIKASI

o Art of Life

o Science

o Canopy Fotografi

o Adventure


Semoga dengan adanya SPP-indonesia ini diharapkan masyarakat Indonesia khususnya para petualang kegiatan alam bebas mengetahui adanya suatu kegiatan yang dapat memuaskan jiwa petualang anda.

Tidak ada komentar: