Jumat, 13 April 2012

Navigasi Darat (part 1) - DEFINISI DAN PERALATAN

I. DEFINISI

Dalam kegiatan di alam bebas, penguasaan dan pangetahuan tentang ilmu navigasi memegang peranan penting untuk menjamin agar para penggiat kegiatan alam bebas tidak tersesat pada saat melakukan kegiatannya. Secara umum pengetahuan navigasi ini berkaitan dengan ilmu iklim dan medan, penaksiran, pengetahuan peta dan kompas. Sebelum memahami navigasi lebih lanjut sebaiknya pengertian navigasi harus diketahu dahulu.

Navigasi adalah suatu teknik untuk menentukan kedudukan dan arah pada lintasan perjalanan. Istilah Navigasi pada umum digunakan untuk kegiatan – kegiatan pelayaran dan penerbangan, tetapi pada saat sekarang ini ilmu navigasi juga digunakan untuk kegiatan petualangan di alam bebas, terutama di hutan atau pegunungan. Untuk menyebutnya biasanya ditambah kata darat menjadi navigasi darat. Pengertian navigasi darat itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari cara menentukan suatu kedudukan/tempat dan memberikan bayangan medan (keadaan permukaan dan bentang alam dari bumi).

Dengan mempelajari navigasi darat seseorang dapat merencanakan suatu perjalanan dengan secermat mungkin dan mengetahui seperti apa medan yang akan dihadapi.

I. I. PERALATAN NAVIGASI DARAT

Dalam kegiatan navigasi darat ada beberapa peralatan yang dibutuhkan, peralatan tersebut sangat menunjang keberhasilan dalam kegiatan navigasi. alat utama dalam kegiatan navigasi adalah peta dan kompas. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi peralatan navigasi darat pada saat sekarang ini semakin berkembang dan banyak memberikan kemudahan dalam kegiatan navigasi darat, seperti ; altimeter dan GPS (global positioning system). Peralatan lain yang dibutuhkan adalah busur derajat atau protactor.

Tidak ada komentar: