Kamis, 12 April 2012

TEKNIK MENDAPATKAN AIR


teknik mendapatkan air

Bila makanan kurang janganlah membebani fikiran, sebab kita masih mampu bertahan beberapa lama tanpa makan. Tetapi bila air yang kurang bisa menyulitkan kita, sebab air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme dan mengganti cairan tubuh yang hilang. Dengan air saja seseorang kemungkinan besar dapat bertahan hidup kira kira untuk tiga minggu, tetapi tanpa air rata rata orang hanya bertahan hidup untuk dua sampai lima hari. Untuk mendapatkan air kita dapat mengumpulkan dari tanah dan dari tumbuh tumbuhan yang menyimpan air. Beruntung sekali kalau hujan dating, sebab kita dapat menampung air dengan alat yang memungkinkan.

Untuk mendapat air dari tanah tentunya kita harus mencari lubang, hanya saja hal tersebut sangat tergantung kondisi daerahnya. Sedang air yang menggenang di lantai hutan biasanya koto dan tercampur dengan tumbuhan kecil, sehingga harus disaring terlebih dahulu sebelum diminum. Terkadang pula sangat kotornya air tersebut, sehingga mengharuskan kita untuk memurnikannya terlebhih dahulu.

Teknik Mencari Air

1. Galilah pada daerah dekat aliran sungai, biasanya terdapat air di bawah tanah atau di bawah batu.

2. Pada hutan lumut, ambilah lumut dan peras airnya.

3. Tempat yang lembab, terutama terutama di dasar lembah dimana air tanah akan dekat permukaan tanah.

4. Di daerah berbatu yang merupakan bekas aliran lava, carilah rembesan air pada dinding lembah yang memotong aliran lava.

Selain itu, beberapa tumbuhan tertentu dapat kita gunakan sebagai sumber air untuk minum. Tumbuhan yang berbatang lunak, seperti batang randu muda, bila dipotong bagian atasnya akan keluar air. Banyak tumbuhan yang mengandung air pada bagian batang yang berdaging dan daunnya. Tetapi bila diketahui tumbuhan tersebut beracun jangan dicoba. Pada ruas bamboo biasanya terdapat air, juga pada beberapa macam rerumputan yang mempunyai batang beruas. Bila bonggol pisang dilubangi, air yangkeluar dari dalam bonggol tersebut dapat diambil. Air juga terdapat pada tumbuhan merambat atau menjulur seperti rotan dan akar gantung. Bila kita polong lalu kita kita tunggingkan akan keluar airnya. Juga air dapat kita peroleh pada bunga kantung semar dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar: