Jumat, 13 April 2012

INTERPRETASI LINGKUNGAN

mengenal lebih dalam tentang suatu tempat/lokasi/kawasan

yang kita kunjungi merupakan suatu kepuasan (amuhtadin 2009)



PENGANTAR

Kegiatan rekreasi sekarang tidak hanya untuk sekedar menyegarkan diri tetapi juga ingin mendapatkan pengalaman baru. Pengunjung yang datang ke suatu tempat ingin mendapatkan kepuasan dalam menikmati tempat tersebut. Kepuasan seseorang sangat tergantung pada apa yang dia peroleh saat berekreasi. Pada awalnya orang berekreasi hanya untuk mencari suasana baru untuk memulihkan diri untuk kembali segar, namun perkembangan kapasitas berpikir dan psikologi manusia menyebabkan orang ingin mendapatkan hal lebih banyak, dan tidak ingin melakukan kegiatan yang sama. Oleh karenanya pelayanan terhadap pengunjung sangat penting.

Interpretasi lingkungan adalah suatu bentuk pelayanan kepada pengunjung yang datang ke taman, hutan, dan tempat-tempat di alam serta tempat rekreasi lainnya dalam bentuk penterjemahan berbagai fenomena alam di lokasi tersebut. Interpretasi merupakan kegiatan seni mengungkapkan makna dari suatu obyek, jadi interpretasi merupakan kegiatan pendidikan. Lebih lanjut interpretasi merupakan kombinasi beberapa hal yaitu pelayanan, informasi, pelayanan pemanduan, pendidikan, hiburan dan inspirsi serta promosi.

Yang disampaikan dalam interpretasi adalah pesan bukan sekedar informasi. Informasi dapat dicari sendiri. Pesan yang kuat akan mendorong seseorang mencari informasi dan keterampilan yang dibutuhkan. Pesan disetting untuk dapat memberikan pengalaman yang paling berkesan sehingga pesan dapat terpatri dengan baik. Pendidikan melibatkan aspek ; kognitif (pengetahuan), afektif (Perasaan-sikap), dan psikomotorik (tindakan) dan sosial (berhubungan dengan makhluk lain).

Jadi pendidikan kepada pengunjung bukan hanya sekedar jasa pelayanan pengunjung tetapi juga membangkitkan rasa peduli pengunjung, bahkan keterlibatannya langsung dalam gerakan dan aktivitas pelestarian lingkungan.memberikan pendidikan kepada pengunjung tentang sumberdaya dan kesadaran untuk mengkonservasi alam dan lingkungan.

Interpreter

Interpreter merupakan sebutan bagi orang yang memberikan jasa pelayanan mengenai berbagai informasi, jadi seorang interpreter (interpret) harus menguasai beragam informasi yang akan ditawarkan kepada pengunjung.

Seorang interpreter harus memiliki beberapa hal, antara lain :

  1. pemahaman akan obyek yang akan diceritakan (ciri-ciri obyek, sejarah obyek, peraturan tentang obyek, pelestarian obyek dan lain-lain)
  2. mengetahui latar belakang tamu
  3. kemampuan komunikasi
  4. penguasaan metode serta teknik interpretasi yang dapat membuat tema lebih hidup dan bermakna serta etika pemanduan/interpretasi
  5. persiapan diri (baik mental maupun fisik)
  6. memiliki kecintaan,kepedulian dan penghargaan terhadap lingkungan yang tinggi, serta keterlibatan langsung dan spontan dalam kegiatan yang kita lakukan.

1 komentar:

Buku bagus mengatakan...

Bagus nih isi bukunya, gmn ya cara bisa mendapatkannya...